.
.
.

Polisi Ungkap Kasus Eksploitasi Anak, Ini Respons Anggota DPRK Banda Aceh 

Musriadi

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Anggota DPRK Banda Aceh, Dr. Musriadi, SPd, MPd mengapresiasi Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polresta yang telah mengungkap pelaku eksploitasi anak.

“Kita apresiasi pihak kepolisian yang telah mengungkap kasus yang sangat meresahkan ini,” kata Musriadi di Banda Aceh, Senin, 10 Juli 2023.

Menurut Musriadi, pelaku menyasar anak di bawah umur dengan melihat dari sisi faktor ekonomi keluarga korban yang kurang mampu untuk memperkerjakan mereka terutama di malam hari di waktu mereka yang seharusnya istirahat dan belajar. Mereka menjual makanan berupa buah potong dari warkop ke warkop malahan di persimpangan jalan dan pusat-pusat keramaian di Kota Banda Aceh.

Berita terkait: Ada Oknum Mengeksploitir Anak Mengais Rezeki dengan Berbagai Modus di Banda Aceh

“Ini sangat mengancam keselamatan mereka, yang seharusnya hak mereka untuk bermain dan mendapat pendidikan, Masa depan anak-anak merupakan tugas kita bersama, kita berharap pemerintah segera menginisiatif regulasi tentang perlindungan anak dan perempuan,” tegas Politisi PAN tersebut.

Akibat perbuatannya, pelaku saat ini ditahan oleh pihak kepolisian atas dugaan tindak pidana eksploitasi anak secara ekonomi sebagaimana diatur dalam Pasal 88 Jo Pasal 76I UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Kita berharap eksploitasi anak secara ekonomi yang menjadi bisnis empuk kelompok-kelompok terorganisir yang memanfaatkan mereka untuk mencari keuntungan pribadi tidak ada lagi ibu kota provinsi, kalau kondisi ini dibiarkan akan menjadi citra buruk para wisatawan datang ke Aceh,” pungkas Musriadi. []