PWI Jaya Tuan Rumah HPN 2024

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari (tiga dari kanan) bersama unsur pengurusnya dan Pengurus PWI Jaya, dihadiri salah seorang tokoh pers dari Aceh, Adnan NS (paling kanan) foto bersama seusai rapat penentuan PWI Jaya sebagai tuan rumah HPN 2024 di ruang sidang utama Lantai IV PWI Pusat, Jalan Kebon Sirih 34, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023. (Dok PWI Pusat)

Laporan Saiful Alam, Jakarta

PORTALNUSA.com | JAKARTA – PWI Pusat mengamanahkan tugas kepada PWI Jaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2024.



Penetapan PWI Jaya sebagai tuan rumah HPN 2024 disampaikan Ketua Umum (Ketum) PWI Pusat, Atal S Depari, Rabu petang 16 Agustus 2023.

Menurut Atal, penetapan itu berlangsung pada rapat khusus antara unsur pengurus PWI Pusat dengan pengurus PWI Jaya di ruang sidang utama Lantai IV PWI Pusat, Jalan Kebon Sirih 34, Jakarta.

Rapat berlangsung dalam hitungan menit  itu membahas beberapa item rencana kegiatan menjelang puncak HPN pada 9 Februari 2024.

“Ikut pula dibahas rencana penyerahan sejumlah award PWI kepada para tokoh yang peduli terhadap perkembangan pers masa kini,” kata Atal.

Atal mengingatkan, semua rangkaian kegiatan harus disinerjikan dengan momentum Pemilu 2024 agar tidak saling berbenturan.

“Untuk itu pihak PWI Jaya harus melakukan persiapan matang. Saling koordinasi dan diskusi dengan Gubernur DKI dan jajarannya. Kebiasaan puncak HPN dihadiri presiden, pejabat negara, para dubes dan wartawan Asean,” katanya.

Selain kegiatan rutin seperti konvensi media, harus dipikirkan juga rancangan kegiatan yang menarik.

“Saya kira kita perlu rancang award untuk tokoh kaliber nasional, daerah dan award untuk Presiden RI yang akan mengakhiri tugas pada Oktober 2024. Kehadiran Presiden Jokowi pada puncak HPN 2024 merupakan yang terakhir kalinya dalam masa jabatan beliau,” lanjut Ketum PWI Pusat.

Rapat khusus tentang HPN dan mandat penyelenggaraan HPN 2024 dipimpin Atal S. Depari dan secara kebetulan dihadiri Tokoh Pers asal Aceh Adnan NS yang juga mantan Penasehat PWI Pusat.

Atal menambahkan, jika rangkaian kegiatan tidak mungkin terlaksana sebelum hari puncak, supaya dipending sebagian kemudian dilanjutkan kisaran 20 Februari ke atas, usai pemilu.

Sementara menurut Mbak Tati, salah seorang staf Sekretariat PWI Pusat, jika amanah kali ini terlaksana di Jakarta, itu artinya ketiga kalinya PWI Jaya mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah HPN.

“Sebelumnya sudah dua kali yaitu pada 2009 dan yang kedua secara zoom pada 2021,” kata Mbak Tati.[]

Penulis: Saiful AlamEditor: Nasir Nurdin