.
.

Muhammad Iswanto: Piasan Aceh Rayek Layak Digelar Berkelanjutan

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto menutup event Piasan Aceh Rayek di Kompleks Jantho Soprt City, Sabtu malam, 23 Desember 2023. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, Sabtu malam, 23 Desember 2023 menutup secara resmi event seni budaya Piasan Aceh Rayek 2023 di Kompleks Jantho Sport City (JSC).

“Atas nama pribadi dan Pemkab Aceh Besar saya mengapresiasi event seni dan budaya ini, sebagai wujud dari komitmen kita bersama untuk melestarikan budaya leluhur, terutama untuk kalangan generasi muda yang kini diserbu oleh budaya global,” kata Iswanto.

Menurut Iswanto, event tersebut layak untuk dilaksanakan secara berkelanjutan, bukan hanya untuk sekadar pelestarian budaya, namun juga untuk ajang silaturrahmi para pelaku seni di Aceh Besar.

“Pemkab Aceh Besar consern mendukung pelestarian budaya indatu di Aceh Besar, sebagai produk dari keluhuran dan kesantunan generasi pendahulu, yang juga dalam bingkai syariat Islam. Teruslah berkreasi untuk terwujudnya generasi muda Aceh Besar yang tetap mencintai budaya leluhur kita. Dengan mengucapkan alhamdulillah, saya tutup secara resmi Piasan Aceh Rayek 2023,” tutur Iswanto.

Sebagaimana ketika pembukaan, prosesi penutupan juga dihadiri oleh Danlanud SIM Kol (Pnb) Yoyon Kuscahyono, S.Sos beserta istri, jajaran Forkopimda Aceh Besar dan para undangan lainnya.

Gala Siswa

Ketua Panitia Piasan Aceh Rayek 2023, Bahrul Jamil, S.Sos, MSi yang juga Kadisdik Aceh Besar melaporkan, Piasan Aceh Rayek itu memiliki agenda beragam, yaitu Kemah Seniman, Lomba Likok Pulo antar-SMP se-Aceh Besar, kejuaraan sepakbola Gala Siswa SMP sederajat se-Aceh Besar, ekspo UMKM hingga khanduri kuah beulangong khas Aceh Besar.

Pria yang akrab disapa BJ itu juga melaporkan, khusus Gala Siswa, telah dituntaskan Sabtu petang, 23 Desember 2023 dengan partai final yang sangat enak ditonton yang melibatkan SMP Kota Jantho dan SMP Pulo Aceh.

Duel pamungkas itu dimenangkan oleh anak anak SMP Kota Jantho 2-0, sekaligus mengunci posisi juara.

Malam penutupan itu juga diwarnai dengan peragaan produksi batik khas Aceh Besar dalam bentuk catwalk oleh para Duta Wisata di Aceh Besar.

Materi acara yang diinisiasi oleh Pj Ketua PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM itu menyedot perhatian ribuan pengunjung, karena dikemas secara apik dengan iringan musik instrumental serta suasana panggung dan ligthting yang sangat mendukung.

Puncak kemeriahan malam penutupan yang dihadiri warga dari seantero Aceh Besar dan Kota Banda Aceh itu adalah saat tampilnya penyanyi Aceh, Bergek di panggung utama.

Anak muda itu membuat dua ribuan fansnya histeris, saat ia membuka penampilan dengan lagu hitsnya ‘Boh Hate’.

Bergek yang bernama asli Zuhdi kelahiran Alue Dua Langkahan, Aceh Utara 4 Juli 1991 itu benar benar tampil prima secara solo menyanyikan hingga enam buah lagu tanpa jeda.[]