.
.

Akmal Abzal: Dua Agenda Besar di Aceh Tahun Ini Harus Sinergi dengan Syariat Islam

Tgk. Akmal Abzal

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al-Anshar Lambaro, Aceh Besar, Tgk. Akmal Abzal, SHI menyatakan dukungan terhadap dua agenda besar yang akan dilaksanakan di Aceh tahun ini, yaitu PON XXI dan Pilkada.

“Sebagai pendakwah yang berlatar belakang dayah, saya mendukung terlaksananya dua agenda besar di Aceh pada 2024 yaitu PON dan Pilkada. Diharapkan kedua agenda besar itu bersinergi dengan pelaksanaan syariat Islam yang menjadi ruhnya Aceh bagi Nusantara,” kata Akmal.

Baca: Silaturrahmi Ramadhan, Pj Gubernur Ajak PWI Sukseskan PON dan Pilkada

Pernyataan itu disampaikan Akmal ketika menjadi penceramah Nuzulul Quran pada Silaturahmi Ramadhan 1445 H yang dilaksanakan PWI Aceh, Kamis, 28 Maret 2024.

Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh selain diisi dengan tausyiah Nuzulul Quran juga peusijuek Pj Gubernur Aceh, Bustami bersama istri, santunan yatim, dan buka puasa bersama.

Dalam konteks PON, Akmal merujuk pada sukses Piala Dunia di Qatar beberapa tahun silam.

Banyak negara di dunia memuji pelayanan, sambutan dan fasilitas yang ramah pendatang karena pemerintah Qatar mampu menampilkan  syariat Islam yang familiar dan bersahaja.

Dia berharap, PON di Aceh sebagai pesta olahraga nasional mesti menjadi ajang promosi pelaksanaan syariat Islam bagi dunia, mengingat momentum besar empat tahunan ini menjadi perhatian banyak mata.

“Selain kita dorong untuk sukses PON dan Pilkada, juga berharap keberadaan anggaran untuk pelaksanaan syariat Islam tahun 2024 menjadi kebutuhan real yang mesti disikapi secara serius oleh pemerintah,” tandas Akmal di hadapan Pj Gubernur Aceh Bustami, Ketua DPRA Zulfadli, Tuha Peut Wali Nanggroe Drs H. Sulaiman Abda, dan sejumlah pejabat Aceh lainnya.

Mengenai peringatan Nuzulul Quran, Akmal mengatakan, Alquran yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad pada 17 Ramadhan merupakan wahyu, mukjizat sekaligus rahmat dan hidayah bagi manusia.

Alquran merupakan pedoman hidup yang mengantarkan umat manusia mengenal Tuhan-nya dan memahami kebenaran (haq) dan kebathilan.

Dikatakan Akmal, sebagaimana nakhoda bergantung pada kompas dalam mengarungi samudera dan pilot bergantung pada radar dalam menjelajah angkasa, demikianlah idealnya umat manusia bergantung pada Alquran dalam menuntun hidupnya menuju kehidupan seutuhnya. 

Dua rahmat besar

Sebagai bulan turunnya Alquran, lanjut Akmal, masyarakat Aceh telah mendapatkan dua rahmat besar di awal Ramadhan tahun ini, yaitu dengan ditunjuknya putra Aceh (Bustami) sebagai Penjabat Gubernur Aceh.

Rahmat besar berikutnya adalah terwujudnya Qanun APBA 2024 setelah terjadi perdebatan panjang antara eksekutif dan legislatif Aceh.

“Dua rahmat besar ini telah membawa perubahan yang begitu nyata. APBA 2024 segera dieksekusi untuk berbagai kepentingan, termasuk cairnya THR,” ujar Akmal disambut aplusan hadirin. []