Mie Caleue Lhong Raya, Cita Rasa Mie Aceh Asli

Pelanggan menikmati Mie Caleue Lhong Raya di Banda Aceh yang dikenal memiliki cita rasa mie Aceh asli. (Foto Portalnusa.com)

NAMA Mie Caleue bisa jadi tak asing lagi di telinga Anda. Jenis makanan yang di-branding dengan nama daerah di Kabupaten Pidie ini semakin diincar oleh pecinta kuliner. Namun Anda jangan salah, nama bisa saja sama tetapi soal rasa tentu ada perbedaan. Salah satu warung yang memberikan garansi untuk mendapatkan rasa asli mie Aceh adalah Mie Caleue Lhong Raya, Banda Aceh. “Sejak 15 tahun lalu kami setia menjaga kualitas Mie Caleue hingga pelanggan tetap setia bersama kami. Mie Caleue Lhong Raya adalah jaminan kualitas yang memberikan cita rasa mie Aceh asli,” kata Bustamam Ali, owner Mie Caleue Lhong Raya kepada Abdul Hadi dari PortalNusa.com, Selasa 16 April 2024.

Cita rasa Mie Caleue Lhong Raya, Banda Aceh tak pernah berubah sejak pertama kehadirannya 15 tahun lalu. Jumlah pelanggan yang terus bertambah—termasuk bertahannya pelanggan setia—menjadi bukti kalau Mie Caleue Lhong Raya memiliki rasa khas dan kekhasannya tak pernah berubah.

Warung Mie Caleue Lhong Raya yang digagas oleh Bustamam Ali setiap harinya menghabiskan 30 sampai 40 kg mie. Bustamam yang akrab disapa Bang Bus merupakan owner Mie Caleue Lhong Raya berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas dan komposisi bumbu untuk produk yang telah dikenal secara turun temurun itu.

“Selain menjaga kualitas, kami juga selalu berupaya meningkatkan pelayanan agar pelanggan tetap terkesan dengan kami,” ujar  Maulana Rifki, putra dari Bang Bus yang kini meneruskan usaha yang dibangun sanbg ayah.

Menurut Maulana, Mie Caleue Lhong Raya menyajikan berbagai varian di antaranya mie udang, mie kepiting, mie cumi-cumi, mie daging, dan mie telur.

Selain itu juga disediakan berbagai minuman juice dari buah-buahan segar seperti mangga, jeruk, apel, alpukat, wortel, semangka, terong belanda, buah naga, dan lain-lain.

Dijelaskan Maulana, kekhasan Mie Caleue ini adalah komposisi rempah dan bumbu yang dihaluskan yang menghasilkan citarasa pedas dan asam yang pas di lidah.

Rasanya yang nendang juga diperoleh dari cara memasak baik dengan direbus, ditumis, atau digoreng.

“Mengenai harga, sangat terjangkau jika dibanding dengan sensasi rasa yang ditawarkan,” timpal Bang Bus dengan nada berpromosi.

Mie Caleue Lhong Raya Banda Aceh juga bisa dipesan secara online melalui aplikasi Gojek.

“Silakan singgah ke Mie Caleue Lhong Raya untuk membuktikan bahwa kami tak sebatas bicara,” ujar Bang Bus yang juga dikenal sebagai wartawan senior di Aceh. []