Aceh Besar Miliki Rumah Tenun Mutiara Songket

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, Pj Ketua TP PKK Aceh, Mellani Subarni dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Rony Widijarto Purubaskoro memotong pita menandai peresmian Rumah Teunun Mutiara di Gampong Krueng Kale, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Sabtu 20 Juli 2024. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP, MM dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, SIP., MM mengikuti seremoni pemotongan pita menandai pereamian Rumah Tenun Mutiara Songket Program Sosial Bank Indonesia.

Pemotongan pita dilakukan Ketua Dekranasda Aceh Mellani Subarni dan juga Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh Rony Widijarto Purubaskoro berlangsung di Gampong Krueng Kale, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Sabtu 20 Juli 2024.



Ketua Dekranasda Aceh, Mellani Subarni mengatakan, songket merupakan salah satu wastra yang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

“Karena songket merupakan warisan para leluhur, sehingga memiliki nilai-nilai filosofi di dalamnya,” ujarnya.

Menurut Mellani, melestarikan songket bukan hanya mempromosikan budaya, tapi juga untuk meningkatkan sumber ekonomi di Aceh.

“Karena songket memiliki nilai yang tinggi, sehingga dengan diresmikan Rumah Tenun Mutiara Songket ini dapat meningkatkan sumber ekonomi baru bagi sektor UMKM Aceh,” harapnya.

Mellani juga berharap agar worshop dan galeri Rumah Tenun Mutiara Sungket dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, sehingga produksivitas songket di Aceh tambah meningkat.

“Manfaatkanlah dengan baik dan tingkatkanlah produksivitasnya, sehingga nilai ekonomi Aceh juga akan berkembang pesat,” ucapnya.

“Atas nama Dekranasda Aceh kami mengapresiasi komitmen BI dalam meningkatkan produk songket di Aceh, terima kasih atas dedikasi dan kontribusinya, semoga dengan resminya rumah tenun ini dapat meningkatkan sumber ekonomi Aceh,” tuturnya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Rony Widijarto Purubaskoro mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Dekranasda Aceh Mellani Subarni dan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Rumah Tenun Mutiara Songket.

“Acara ini kita gelar sebagai motivasi untuk pelaku UMKM dalam meningkatkan produk-produk wastranya, sehingga dapat menumbuhkembangkan ekonomi bagi pelaku UMKM,” ujarnya.

Apresiasi BI

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto mengapresiasi Bank Indonesia yang telah ikut andil dalam mengembangkan UMKM di Aceh Besar.

“Terima kasih BI dan Ketua Dekranasda Aceh, semoga Rumah Tenun Mutiara Songket ini terus berkembang,” kata Iswanto.

Pada seremonial itu Kepala BI Aceh Rony W.P juga memberikan Program Pengembangan Peternakan Berupa Rumah Produksi Pakan untuk Pesantrean Mahyal Ulum Al Ziziyah.

Sedangkan Pj Bupati Aceh Besar memberikan Program Pengembangan Peternakan Terintegrasi Berupa Revilitasi Kandang untuk Muamalaf solidarity boarding school.

Sedangkan Ketua Dekranasda Aceh Mellani Subarni memberikan Papan Galeri Kelompok Boarding Seutari.

Peresmian tersebut juga turut dihadiri Istri Sekda Aceh Nurmaziah Azwardi, Ketua Dekranasda Banda Aceh Yekki Yasmin, S.Si, M.Si, Plt Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma ST, Camat Darussalam Burhanuddin S.Sos, M.Si, Keuchik dan perangkat serta warga Gampong Krueng Kale, pelaku UMKM Mutiara Songket serta pejabat BI.[]