Buka Pertandingan Cabor Kempo, Ini Pesan Pj Gubernur Aceh

Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA membuka pertandingan cabang olahraga Shorinji Kempo PON XXI Aceh-Sumut di GOR KONI Aceh, Selasa, 17 September 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA membuka secara resmi pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Shorinji Kempo PON XXI Aceh-Sumut di Gelanggang Olahraga Komite Olahraga Nasional Indonesia (GOR KONI) Aceh, Selasa, 17 September 2024.

Shorinji Kempo merupakan salah satu cabor seni beladiri yang tidak semata menekankan pada prestasi tetapi lebih menekankan pada pembangunan diri dan pembangunan karakter.



“Sesuai dengan semangat Shorinji Kempo, It’s not about winning, it’s all about exellence, respect and friendship. Oleh karenanya, bertandinglah secara terhormat, karena Shorinji Kempo adalah olahraga yang menjunjung prinsip saling menghargai dan menjunjung kehormatan,” ujar Safrizal dalam pidatonya ketika membuka pertandingan cabor tersebut.

Gubernur menambahkan, Shorinji Kempo memegang teguh Kehormatan dan pertemanan sebagai wujud kasih sayang.

“Sesuai falsafah dalam dunia kempo, kasih sayang tanpa kekuatan adalah kelemahan. Kekuatan tanpa kasih sayang adalah kezaliman. Kombinasi antara kekuatan dan kasih sayang merupakan kekuatan kempo. Karena itu, silakan berjuang sekeras-kerasnya namun raihlah prestasi dengan menjunjung tinggi kehormatan,” imbuh Safrizal.

Gubernur optimis dengan eksistensinya Shorinji Kempo yang saat ini telah dipertandingkan dalam ajang Sea Games akan segera dipertandingkan di event olahraga yang lebih besar.

Pada PON XXI Aceh-Sumut, Cabor Shorinji Kempo memperebutkan 22 medali emas, 22 perak dan 36 perunggu. []