Pemkab Aceh Barat jangan Diam Melihat Kapal Tiongkok Mengeruk Emas di Tutut

Ketua DPRK Aceh Barat, Samsi Barmi. (Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Ketua DPRK Aceh Barat, Samsi Barmi meminta pemerintah segera menyikapi keberadaan kapal keruk Tiongkok yang melakukan penambangan emas di Tutut, Kecamatan Sungaimas, Aceh Barat.

“Pemkab Aceh Barat harus segera menyelesaikan permasalahan ini, jangan terkesan seperti dibiarkan saja,” kata Samsi Barmi kepada Portalnusa.com di Meulaboh, Minggu, 23 Juni 2023.

Baca: Kapal Tiongkok Masih Beroperasi di Sungaimas, KPPA Merasa Dirugikan

Menurutnya, Pemkab Aceh Barat harus berkoordinasi dengan dinas terkait di provinsi untuk mempertanyakan bagaimana legalitas dan perizinan perusahaan pemilik kapal keruk tersebut dalam melakukan aktivitas tambang.

“Jika sudah sesuai, apakah sudah bisa melakukan aktivitas tambang, jika belum pemkab harus segera mengambil tindakan tegas untuk menghentikannya. Ini menyangkut kedaulatan negara,” ujarnya.

Baca: Prof Humam soal Kapal Tiongkok Keruk Emas di Aceh Barat, “Ini Masalah Serius”

Kasus kapal Tiongkok mengeruk emas di Tutut, menurut Samsi sudah memunculkan penolakan masyarakat sehingga harus segera disikapi.

“Ini artinya sudah menimbulkan keresahan di masyarakat, jadi pemkab harus bersikap tegas,” demikian Ketua DPRK Aceh Barat.[]