Anggota DPRK Aceh Besar Eka Rizkina Apresiasi Program Mengolah Lahan Tidur di Pulo Aceh

Anggota DPRK Aceh Besar, Eka Rizkina bersama tokoh masyarakat Gampong Lhoh, Kecamatan Pulo Aceh di lokasi perkebunan masyarakat yang sebelumnya merupakan lahan telantar. Foto direkam Kamis, 2 Maret 2023. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Anggota DPRK Aceh Besar dari PKS, Eka Rizkina mengapresiasi program mengolah lahan tidur berbasis ekowisata oleh masyarakat Gampong Lhoh, Kemukiman Pulo Breuh, Kecamatan Pulo Aceh.

“Kita dorong Pemkab Aceh Besar melalui DPMG dan Dinas Pertanian untuk mensupport penuh usaha warga Gampong Lhoh ini,” kata Eka di sela-sela kunjungannya ke Kecamatan Pulo Aceh, Kamis, 2 Maret 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Eka melihat langsung kawasan perkebunan warga yang dikelola oleh 40 kepala keluarga yang tergabung dalam usaha pemanfaatan lahan tidur Gampong Lhoh.

“Saya ditemani Bapak Issa dan Pak Adi selaku Ketua Tuha Peut Gampong Lhoh mengunjungi perkebunan warga,” lapor Eka.

Kegiatan pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif digagas oleh Issa selaku Pj Keuchik pada waktu itu. Semangat Issa bersama tokoh-tokoh lainnya di Gampong Lhoh adalah mewujudkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan terbengkalai sekaligus menghidupkan kawasan wisata.

“Pada tahap awal garapan lahan tersebut menggunakan anggaran desa yang nantinya menggunakan sistem bagi hasil bersama warga yang terlibat,” kata anggota DPRK Aceh Besar tersebut mengutip penjelasan Issa dan Adi.

Eka Rizkina mengatakan, upaya menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk mengolah lahan tidur harus diapresiasi, apalagi dalam pengelolaannya melibatkan seluruh unsur masyarakat di Gampong Lhoh.

“Tentunya bukan hal yang mudah untuk memulai, tapi bukan sesuatu yang mustahil. Masyarakat Gampong Lhoh sudah membuktikan tidak ada yang tidak bisa,” demikian Eka Rizkina.[]