Terima Audiensi Forum Imum Mukim, Ini Harapan Pj Bupati Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto foto bersama dengan Pengurus Forum Imum Mukim Aceh Besar (FIMAB), Sabtu petang, 22 Juli 2023. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM meminta jajaran Imum Mukim di seluruh Aceh Besar terlibat aktif dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Imum Mukim selaku tokoh masyarakat dan tokoh adat tentu punya strategi yang jitu dan terukur untuk suksesnya rangkaian pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang,” kata Muhammad Iswanto.

Pernyataan itu disampaikan Iswanto saat menerima audiensi pengurus Forum Imum Mukim Aceh Besar (FIMAB), Sabtu petang, 22 Juli 2023 di Gani.

Menurut Iswanto, tahun politik yang mulai terasa sejak 2023 ini, hingga mencapai titik kulminasi di tahun 2024, tentu membutuhkan pilar-pilar masyarakat untuk ikut menyukseskannya.

Karena, lanjut Iswanto, itu juga tak lepas dari ekspektasi semua pihak agar terwujud kondusivitas di dalam masyarakat, hingga situasi kehidupan bermasyarakat tetap aman, nyaman serta jauh dari konflik akibat ekses politik.

Menurut Iswanto, masyarakat membutuhkan suasana yang nyaman dan kehidupan yang normal, di antara hangat suhu politik terutama mendekati tahap puncak pesta demokrasi tahun 2024.

“Kita ingin semua berjalan sesuai harapan. Pesta demokrasi aman, masyarakat tetap juga aman dalam mencari nafkah atau kehidupan,” kata Iswanto.

Secara jujur Iswanto mengakui jika pesta demokrasi mengandung potensi terjadinya kerawanan, namun semua itu bisa dihindari dengan tekat semua pihak untuk mengendalikan diri dan komunal, serta dibarengi kemauan untuk menciptakan situasi yang damai, kolaboratif serta tekad untuk bersinergi secara utuh.

Siap berkolaborasi

Ketua Umum FIMAB, Drs Burhanuddin yang juga Imum Mukim Daroy Jeumpet, KecamatanDarul Imarah, Aceh Besar, menyatakan, siap untuk berkolaborasi dengan Pemkab Aceh Besar selaku instansi level atasan, termasuk dengan camat dan forkopimcam selaku mitra di kecamatan, serta dengan seluruh jajaran keuchik hingga  apartur gampong untuk mewujudkan kondusivitas selama rangkaian pesta demokrasi di 2023 dan 2024.

“Kami para imum mukim telah bersepakat untuk senantiasa bermitra dengan jajaran Pemkab Aceh Besar, secara khusus mendukung Pj Bupati untuk bersama mewujudkan suasana sejuk dan saling menghargai sesama masyarakat, walau punya pilihan berbeda dalam pesta demokrasi nanti,” tutur Burhanuddin.

Burhanuddin menyebutkan, kesepakatan mendukung Pj Bupati Muhammad Iswanto adalah suara bulat seluruh imum mukim di Aceh Besar yang berjumlah 68 orang.

Sementara itu Zulkiram (Mukim Lamtengoh) Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar menambahkan, FIMAB berterimakasih atas kesediaan Pj Bupati Iswanto menerima audiensi pihaknya.

Dalam kesempatan itu, Zulkiram yang mantan anggota DPRK Aceh Besar itu melaporkn tentang makin kaburnya fungsi dan wewenang seorang imum mukim, termasuk makin rendahnya posisi tawar seorang mukim dalam tata pemerintahan desa.

“Kami berharap ada revisi UU Pemerintahan Desa dengan mengacu pada UU PA Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh,”  kata Zulkiram.

Menyikapi hal itu, Muhammad Iswanto didampingi Asisten 1 Muhamad Farhan, Asisten 2 Muhammad Ali, Kepala DPMG Carbaini, dan Kabag Tapem Rahmadaniaty, S.Sos, MM, mengatakan, pihaknya akan melihat dan memperlajari sejauh mana peran imum mukim yang sesuai dengan UU hingga Perbup.

“Jika memang terasa jauh dari kelayakan dalam tata pemerintahan dan adat, kami akan revisi Perbup, jika memang dibutuhkan dan sesuai dengan harapan para imum mukim,” demikian Muhammad Iswanto.[]