DPD LVRI Aceh Lantik DPC LVRI Aceh Besar

Prosesi pelantikan Pengurus DPC LVRI Kabupaten Aceh Besar masa bakti 2023-2028 oleh Ketua DPD LVRI Aceh, Kolonel (Purn) Jakfar Karim, Kamis, 10 Agustus 2023. (Dok LVRI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH — Memperingati Hari Veteran Nasional ke-74, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Aceh melantik Pengurus DPC LVRI Kabupaten Aceh Besar masa bakti 2023-2028.

Kegiatan bertema, Dengan Jiwa, Semangat, dan Nilai-Nilai Juang ‘45, LVRI Ikut Serta Mensukseskan Pemilu 2024 dan Konsisten untuk Melanjutkan Pembangunan Nasional.”



Prosesi pelantikan berlangsung di Aula Kantor Dinas Syariat Islam Aceh, Kamis 10 Aguatus 2023.

Pengurus DPC LVRI Kabupaten Aceh Besar masa bakti 2023-2028 dilantik itu berdasarkan SK Nomor: SKEP-01/MDLV/II/2023.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPD LVRI Aceh, Kolonel (Purn) Jakfar Karim.

Kepengurusan DPC LVRI Aceh Besar diketuai Kaoy Syamaun, Wakil Ketua Arsyad Ali, Sekretaris Sanusi, dan Wakil Sekretaris Syafrizal Putra.

Selanjutnya Bendara Yahya, Wakil Bendahara Abdul Hadi, Kabag Umum Zakaria, Kabag Humas dan Keamanan Amsal, Kabag Organisasi Abdullah Banta, Kabag Ekonomi Ismail, Kabag Hukum dan Politik Johan Bintang, Kabag Kesejahteraan A. Rani.

Peringatan Hari Veteran ke-74 ini berlangsung secara serentak di seluruh indonesia dipusatkan di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan juga diisi dengan dialog secara nasional melalui virtual zoom meeting atau dalam jaringan (daring), dihadari langsung oleh Ketua Umum DPP LVRI, Letjen TNI (Purn) Herman Bernhard Leopold Mantiri.

Pada kesempatan itu, veteran Aceh yang hadir sekitar 300 orang. Mereka pernah berjuang di era kemerdekaan RI pada 1945 hingga 1949.

Jakfar Karim menjelaskan bahwa jumlah veteran yang tergabung dalam LVRI Aceh sekitar 639 orang, namun yang mengikuti peringatan HUT LVRI ke-74 hanya sekitar 300 orang lantaran acaranya dipusatkan di Aula Dinas Syariat Islam Aceh sangat terbatas kapasitasnya.

“Selamat Hari Veteran Nasional ke-74 dan selamat atas pelantikan Pengurus DPC LVRI Kabupaten Aceh Besar masa bakti 2023-2028,” ucap Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto melalui Asisten II Sekdakab Aceh Besar, M Ali.

Sebagai informasi, veteran berarti seseorang yang memiliki pengalaman atau jasa dalam bidang militer dan penegakan hukum.

Veteran juga biasanya warga negara Indonesia yang berkecimpung dalam kesuksesan perang Indonesia melawan negara lainnya.[]