Sepmor Terbakar di Simpang Surabaya, Jadikan Kasus Ini sebagai Pengalaman

Foto tangkapan layar dari video kiriman warga memperlihatkan api berkobar dahsyat membakar satu unit sepmor di atas jembatan layang (flyover) Simpang Surabaya, Banda Aceh, Sabtu malam, 16 September 2023. (Sumber WAG RAPI Kota Banda Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Satu unit sepeda motor (sepmor) matic Mio Soul terbakar di atas jembatan layang (flyover) Simpang Surabaya, Banda Aceh, Sabtu malam, 16 September 2023 sekitar pukul 20.15 WIB.

Informasi itu diteruskan oleh relawan RAPI Kota Banda Aceh, Ichsan Fuadi/JZ01BFG.



Ichsan melaporkan, berdasarkan saksi mata, musibah itu berawal ketika sepmor mogok.

Pemilik sepmor berusaha menghidupkan mesin dengan memaksa starter.

Saat itu ada warga yang berusaha membantu tetapi saat mendekat terlihat api keluar dari bawah jok yang diduga bersumber dari batere.

Api dengan cepat membesar dan dalam tempo singkat menghanguskan seluruh bagian kendaraan hingga tinggal kerangka.

Satu unit armada pemadam kebakaran sempat dikerahkan ke lokasi kejadian.

Kendaraan yang terbakar itu disebut-sebut keluaran tahun 2010. Namun belum diketahui siapa pemiliknya.

Dugaan penyebab

Menanggapi kasus itu, seorang relawan RAPI lainnya, M. Firmansyah/JZ01BPM menulis mengenai dugaan penyebab terbakarnya sepmor tersebut dari kacamata teknis dan ilmu pengetahuan.

Dari berbagai referensi yang dikutip Firman, batere yang dipaksa bekerja full mendongkrak arus starter dalam waktu lama akan terbakar dan mengeluarkan percikan api.

Karena posisi batere berada di tempat yang sulit dikeluarkan—sementara material sekelilingnya berbahan plastik dan karet yang dekat dengan instrument jalur bahan bakar—makanya kebakaran sulit dikendalikan.

Mantan Dansatgaskom RAPI Kota Banda Aceh, Muhammad Yusuf/JZ01AYS juga menceritakan pengalaman yang dialami mahasiswanya.

“Mahasiswa saya menempatkan HP dalam jok sepeda motor dengan posisi mesin hidup namun berhenti. Tiba-tiba terdengar ledakan dalam jok. Ketika jok dibuka langsung menyemburkan api dan disiram secara manual,” kata Yusuf.

“Semoga kasus-kasus begini bisa menjadi pengalaman bagi pemilik sepeda motor,” kata seorang warga.[]